Cara Memilih Powerbank Agar Tidak Menyesal

Powerbank adalah baterai cadangan yang digunakan untuk mengisi baterai ponsel dan gadget maupun tablet saat di suatu tempat tidak ada aliran listrik.

Ukuran powerbank rupa - rupa bentuknya dan ukurannya seperti lipstik, sampai seukuran kotak dengan kemampuan berbeda - beda dari ribuan  hingga puluhan atau bahkan ratusan.

Berikut tips memilihnya :

  1. Hati-hati dengan harga power bank murah dan kapasitas besar, karena ada beberapa produk yang menggunakan baterai refubrish atau diolah ulang. 
  2. Pilih power bank yang ukurannya dan modelnya sesuai dengan anda, powerbank yang tidak terlalu besar agar lebih mudah dibawa kemana-mana, bisa masuk ke saku baju atau celana. 
  3. Perhatikan kualitas cell baterai atau besar mAh-nya, ini penting sekali karena cell baterai mengindikasikan berapa lama daya tahan power bank. Semakin besar cell atau mAh-nya maka semakin banyak daya yang digunakan untuk mengisi ulang jadi bisa digunakan untuk beberapa kalai tetapi waktu yang digunakan untuk mengecharge pun semakin lama. 
  4. Gunakan konektor smartphone bawaan asli gadget atau smartphone karena beberapa power bank memiliki kabel konektor yang kualitasnya kurang baik. 
  5. Pilih powerbank yang mempunyai fitur-fitur keamanan yang tidak ditawarkan pada powerbank lain. contohnya perlindungan dari arus pendek, perlindungan dari over charge, dan temperature protection. 
  6. Pilih powerbank yang memiliki output sesuai dengan gadget kamu, karena jika tidak sesuai proses chargingnya bisa lebih cepat atau bisa lebih lama. 
  7. Pilih Powerbank yang ada sertifikasi UL (Underwriters Laboratories) Karena sertifikasi UL menjamin kualitas powerbank baik dan aman 
  8. Pastikan powerbank yang kamu beli mempunyai garansi yang lama, supaya kalau ada kerusakan anda bisa mengklaimnya
  9. Pahami gadget anda dan kapasitas Power Bank.
    Ini yang paling penting, anda harus mengetahui dengan pasti kapasitas baterai gadget anda. jangan sampai anda membeli powerbank yang memiliki daya lebih kecil dari daya baterai gadget anda. Sebagai contoh, iPhone 4S menggunakan baterai dengan daya 1.432 mAh, untuk dapat mengisi baterai iPhone 4S sampai penuh membutuhkan power bank dengan daya minimal 1.432 mAh. Apabila ingin dua kali charge, minimal harus menggunakan powerbank dengan daya minimal 2.864 mAh. sJika anda sering bepergian, disarankan menggunakan power bank dengan kapasitas daya tinggi, misal 5600 mAh.

2 komentar: