Bidang Bahasa Dalam Akulturasi Budaya dan Agama



Akulturasi budaya dan agama hindu/budha di Indonesia baik sebelum maupun sesudah masuknya agama agama dan kebudayaan tersebut di Indonesia. dalam akulturasi budaya dan agama hindu ada yang namanya bidang bahasa atau pra aksara. Kali ini Ridwan Menulis ingin memposting tentang bidang bahasa di dalam akulturasi budaya dan agama hindu.

Bidang Bahasa
            Wujud akulturasi dalam bidang bahasa, dapat dilihat dari adanya pengguna bahasa sansekerta yang dapat ditemukan sampai sekarang dimana bahasa sansekerta tersebut memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia. Pengguna bahasa sansekerta pada awalnya banyak ditemukan pada prasasti (batu tertulis) peninggalan kerajaan Hindu-Budha pada abad 5-7 M.
Contohnya : Prasasti Yupa dari Kutai, prasasti peninggalan kerajaan tarumanegara. Tetapi untuk perkembangan selanjutnya bahasa sansekerta di gantikan oleh bahasa mlayu kuno seperti yang ditemukan pada prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya 7-13 M.
Sedangkan untuk aksara, dapat dibuktikan dengan adanya penggunaan huruf pallawa, tetapi kemudian huruf pallawa tersebut berkembang menjadi huruf Jawa kuno (kawi) dan huruf (aksara) bali dan bugis.

Tidak ada komentar