Menjadi Jurnalis Online di Dunia Maya

Jurnalis adalah orang-orang yang melakukan suatu pekerjaan yang berkaitan dengan pemberitaan. Meliputi peristiwa, kecelakaan, narasumber, mengedit berita, menyalurkan berita dan tugas yang lainnya sebagai seorang jurnalis.

Dua Macam Media Online

Dari segi penulis beritanya, media online saya bagi menjadi dua jenis. Pertama, media online yang penulis beritanya dibatasi pada wartawan profesional atau karyawan dari media bersangkutan. Media seperti detik.com, vivanews.com, okezone.com, kompas.com, termasuk kategori ini. Kalau toh ada orang luar yang bisa menulis berita di sana, biasanya hanya diberi ruang yang sangat terbatas dan tidak signifikan. Misalnya, ada rubrik ”berita dari kampus,” yang isinya adalah berita atau tulisan karya mahasiswa dari mana saja.

Kedua, media online yang membuka diri dan memberi tempat utama bagi berita-berita yang ditulis oleh warga biasa, bukan jurnalis profesional. Para penulisnya bukan karyawan media bersangkutan dan tidak digaji oleh media bersangkutan. Para penulis ini juga bukan penulis tetap, karena tidak ada kewajiban untuk menulis dalam jumlah tertentu. Sifat penulisannya sukarela. Siapa saja boleh menulis, dan jika bosan juga boleh menarik diri tanpa sanksi apa-apa. Walaupun demikian, biasanya bisa kita tandai penulis-penulis tertentu, yang lebih rajin atau lebih produktif daripada yang lain dalam mengirimkan karyanya. Media seperti wikimu.com, adalah salah satu contohnya.

Jangan dilupakan pula situs-situs pribadi atau weblog, di mana para pemiliknya bisa menuliskan apa saja di situs/blog miliknya tersebut. Yang dituliskan mulai dari urusan remeh temeh (kegiatan sehari-hari yang bersifat pribadi), berita aktual yang dilihat/dialami sendiri oleh penulisnya, atau artikel ilmiah dan serius karya pemilik situs/blog bersangkutan.

Tetapi, jika kita bicara dalam konteks jurnalisme, tentu yang ditekankan di sini adalah penulisan berita, yang diharapkan menarik untuk dibaca oleh khalayak yang lebih luas. Jadi, fakta atau peristiwa yang diberitakan adalah hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, bukan masalah pribadi (putus cinta, sakit perut, bertengkar dengan pacar, dan sebagainya).

Tidak ada komentar