Pengertian Mengenai Negosiasi

Ridwanmenulis - Pengertian Mengenai Negosiasi - Secara umum kata ''Negosiasi'' berasal dari kata to negotiate, to be negotiateng dalam bahasa inggris yang berarti ''merundingkan, membicarakan kemungkinan tentang suatu kondisi, dan tawar menawar. Sedangkan kata-kata turunannya adalah antara lain ''negotiation'' yang berarti menunjukkan suatu proses atau aktivitas untuk merundingkan, atau membicarakan suatu hal untuk disepakati dengan oranglain, dan ''negotiable'' yang berarti dapat dirundingkan, dapat dibicarakan, dapat ditawar.

Negosiasi adalah bagian dari suatu kehidupan kita sehari-hari dengan kita sadari maupun tidak, sebagai contoh ketika kita sedang berbelanja atau membeli sesuatu dipasar, maka kita akan terlibat suatu proses tawar-menawar harga barang yang akan kita beli ( kecuali apabila kita membeli di suatu supermarket/minimarket kita tidak akan bisa menawar ).

Definisi Negosiasi
Definisi negosiasi secara formal dapat diartikan sebagai suatu bentuk pertemuan bisnis antara dua pihak atau lebih untuk mencapai suatu kesepakatan bisnis. Negosiasi merupakan perundingan antara dua pihak dimana didalamnya terdapat proses memberi, menerima, dan proses tawar-menawar.

Tujuan Negosiasi
Ada beberapa tujuan dalam proses negosiasi dalam bisnis, yaitu antara lain :

1. Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan antara dua pihak.
2. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersama.

Manfaat Negosiasi
Selain mempunyai tujuan, negosiasi juga mempunyai manfaat. Manfaat yang diperoleh dari sebuah proses negosiasi didalam pengertian bisnis antara lain sebagai berikut :

1. Untuk mendapatkan atau menciptakan jalinan kerja sama antara badan usaha ataupun perorangan untuk melakukan suatu kegiatan atau usaha bersama atas dasar saling pengertian.

Cara-cara Negosiasi
Ada beberapa Cara-cara dalam proses negosiasi, yaitu antara lain :
1. Pahami persoalan atau topik yang akan dinegosiasikan
2. Hindari sikap untuk menjatuhkan pendapat orang lain.
3. Saat bernegosiasi usahakan harus tetap tenang, sabar dan terbuka ( mampu menerima pendapat/argumen orang lain )
4. Siapkan beberapa alternatif konsep yang lain.
5. Saat mengungkapkan gagasan atau pendapat dengan alasan yang logis dan masuk akal dengan menggunakan kalimat yang santun menarik dan efektif.

Unsur-unsur Negosiasi
1. Ada dua pihak yang terlibat
2. Ada kepentingan yang berbeda
3. Ada perundingan untuk berdamai

Tidak ada komentar