Tantangan Internet Bagi Orangtua

Tantangan Internet Bagi Orangtua, Menjadi orangtua memang penuh tanggung jawab. Terlebih di jaman yang serba maju, dimana teknologi internet berangsur menjadi kebutuhan wajib dalam keluarga. Banyak tantangan baru yang mesti di taklukan oleh para orangtua.

Bagaimana membimbing anak yang makin lincah bergerak di dunia maya, tanpa harus terlihat seperi penjaga berbaju besi. Mudahnya mengakses dan keinginan anak-anak untuk leluasa berselancar di dunia maya adalah beberapa tantangan yang harus dihadapi orangtua ketika berbicara mengenai keamanan berinternet bagi anak.

1. Kemudahan Akses Internet
Dengan makin banyaknya prianti yang bisa terkoneksi dengan internet, anak-anak makin mudah untuk memasuki dunia online. Bukan hanya dari komputer saja, namun juga dari ponsel mereka. Lantas apa yang harus dilakukan oleh orangtua dengan kemudahan tersebut? Para orangtua dihimbau untuk membantu anak-anaknya belajar tentang bagaimana berprilaku yang pantas dan aman ketika berinternet.

2. Bebas Online Tanpa Aturan
Karena orangtua tidak menerapkan aturan berinternet. Buntut-buntutnya, anak-anak akan leluasa mengunjungin situs, berkutat dengan jejaring social, chattingan via layanan instant messaging dan lain-lain tanpa pengawasan.

3. Anak Jaman Sekarang Tahu Banyak Daripada Orang Tua
Semakin dewasa si buah hati, mereka makin lihai dalam berselancar di internet melebihi para orangtua. Mengakali filter ( Penyaringan ) dan setting history adalah aksi yang harus diwaspadai.


Tidak ada komentar