Faktor Penyebab Kekacauan Ekonomi Indonesia

Ridwan Menulis - Faktor Penyebab Kekacauan Ekonomi Indonesia - Pada akhir pendudukan jepang dan pada awal berdirinya Negara RI, keadaan ekonomi Indonesia sangat kacau. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut.

A. Inflasi yang sangat tinggi (Hiperinflasi)
Inflasi terjadi karena di satu sisi tidak terkendalinya peredaran uang yang dikeluarkan pemerintahan Jepang di sisi lain ketersediaan barang menipis bahkan langka di beberapa daerah. Kelangkaan ini terjadi akibat adanya blokade ekonomi oleh belanda. Uang jepang yang beredar sangat tinggi, sedangkan kemampuan ekonomi untuk menyerap uang tersebut masih sangat rendah.

Akibat inflasi ini kelompok yang paling menderitaa adalah para petani sebab pada masa pendudukan jepang petani merupakan produsen yang paling banyak menyimpan mata uang Jepang. Sebab Negara RI belum memiliki mata uang baru sebagai penggantinya. Maka dari itu, untuk sementara waktu pemerintah RI menyatakan tiga mata uang yang berlaku di wilayah RI, yaitu sebagai berikut.
1). Mata uang De Javaasche Bank
2). Mata uang pemerintah Hindia Belanda
3). Mata uang pendudukan Jepang.

Untuk melaksanakan koordinasi dalam pengurusan bidang ekonomi dan keuangan, pemerintah membentuk Bank Negara Indonesia pada tanggal 1 November 1946. Bank Negara ini semula adalah Yayasan Pusat Bank yang didirikan pada bulan juli 1946 dan dipimpin oleh Margono Djojohadikoesoemo. Bank Negara ini bertugas mengatur nilai tukar ORI dengan valuta asing.

B. Adanya Blokade Ekonomi oleh Belanda (NICA)
Blokade (laut) ini dimulai pada bulan November 1945, yaitu dengan menutup pintu keluar-masuk perdagangan RI. Adapun alasan pemerintah Belanda melakukan Blokade ini adalah sebagai berikut.
1. Mencegah dimasukannya senjata dan peralatan militer ke Indonesia
2. Mencegah dikeluarkannya hasil-hasil perkebunan milik Belanda dan milik asing lainnya.

Tujuan/harapan Balanda dengan blokade ini adalah sebagai berikut
1). Agar ekonomi Indonesia mengalami kekacauan
2). Untuk menekan Indonesia dengan harapan bisa dikuasai kembali oleh belanda.

Adapun alasan pemerintah Belanda melakukan blokade ini adalah sebagai berikut
1). Mencegah dimasukannya senjata dan peralatan militer ke Indonesia

Tidak ada komentar