Introspeksi Kampanye Jejaring Sosial

Ridwan Menulis - Introspeksi Kampanye Jejaring Sosial - Ada apa dengan jaringan media sosial selama ini? Anda mengikuti twitter ? Anda punya akun di Facebook? atau, cuma dua akun di dua situs web jejaring? Kenapa nggak punya tiga atau lima akun? Ada pro dan kontra.

Coba instropeksi sejauh mana situs web jejaring sosial memberikan peruntungan kepada anda baik secara pribadi maupun korporat? Atau, apakah situs itu hanya sekadar aktivitas yang merugikan dan membuang-buang waktu? Tahu, tidak? Ada yang menjadi kaya berkat situs jejaring sosial. Ada yang tidak, ada juga yang tidak memanfaatkan situs jejaring sosial sama sekali. Nah, bagi anda, cobalah analisis lebih dalam situs jejaring sosial serta fenomena naik-turunnya selama tahun kerja 2009. Siapa tahu ada yang masih luput dari inisiatif kampanye anda selama ini :

Januari
Di bulan ini, Kevin Thau bertanggung jawab terhadap kiprah twitter di dunia bisnis dan dianggap sebagai nakhoda pengembang bisnis twitter sehingga menjadi twitter yang sekarang. Lalu, Linkedln memperkenalkan fitur polling yang baru, dan melansir bookmarket untuk IE. Musik MySpace menjalin kerja sama dengan berbagai studio musik untuk memperluas ranah musiknya serta katalog yang berisi ratusan ribu lagu.

Februari
Di bulan ini, Linkedln melansir seperangkat fitur yang berguna bagi para praktisi sumber daya manusia. Myspace juga melansir ulang konten yang khusus untuk pengguna bergerak.

Facebook juga menambahkan iklan berbasis polling. Halaman-halaman profil bagi kalangan bisnis juga mengalami revisi. Apakah anda memperhatikan semua ini? Semua ini juga memungkinkan anda bisa memberikan komentar terhadap blog korporat yang terintegrasi dalam akun facebook atau memperkenalkan box widget untuk daftar komentar dan melansir tombol ''like''. Lalu, Google memperkenalkan bar baru., yaitu social bar dan melansir integrasi dengan konten blog dari Blogger.

Maret
Twitter memperkenalkan seacrh box ke halaman web pengguna twitter dan mengganti tab''replies'' ke tab ''@username'', Twitter juga memperkenalkan title tag untuk setiap halaman member. Mulai bulan ini akun di twitter dapat diikuti oleh nama sesungguhnya dari pengguna twitter. Facebook merancang ulang dengan memasukkan updates dan halaman-halaman di News Feed dan merevisi status box ke box publisher.

April
Facebook memungkinkan anda mengatur pertemanan dan menambahkan tanda tangan elektronik untuk halaman web. Twitter juga mulai memasukkan fitur kotak pencarian ke dalamnya. Akun di twitter juga boleh di beli atau dijual. Para ilmuwan menciptakan antarmuka yang disebut a brain-twitter interface.

Mei
Digg membuang fitur shouting. Google mulai memperkenalkan GoogleWave dan rekomendasi untuk saling memperkenalkan teman. Twitter melansir sms dua arah untuk operator Telus, Virgin Mobile, dan Koodo Mobile.

Juni
Facebook mulai memasukkan fitur keyword suggestions bagi para pengiklan dan dapat melakukan update lewat sms. Youtube memperkenalkan halaman khusus Movie trailer, FriendFeed menambahkan fitur file sharing. Stumbleupon memperkenalkan pemendek URL dan Digg mulai memperkenalkan iklan Digg.

Juli
Di bulan ini, Google melansir halaman facebook. MySpace memperkenalkan fitur email. Youtube melansir video 3D-nya dan meningkatkan batas upload. Asyik, kan?

Agustus
Facebook mulai memperkenalkan fitur baru''Ads manager'' dan integrasi twitter, melansir fitur real-time seacrh, dan mengakuisisi FriendFeed. Izea melansir'' Sponsored Tweets dan Tweet meme.

Ya, ini hanyalah sekelumit dari selayang pandang para artis dan aktor di situs jejaring sosial. Paling tidak, semua ini akan membantu anda untuk melihat mana yang sudah dan mana yang belum anda lakukan dalam kampanye branding lewat situs jejaring sosial. Jadi, mana yang belum?

Tidak ada komentar