Pengertian Biosfer

Ridwan Menulis - Pengertian Biosfer - Kita hidup dan tinggal menetap di suatu lingkungan alam dengan beragam relief. Sebagaian dari kita ada yang bertempat tinggal di dataran rendah. Sebagaian ada di pantai, dan ada pula yang tinggal di pengunungan atau dataran tinggi.

Perbedaan relief memungkinkan terjadinya perbedaan pola kehidupan di manusia dan makhluk hidup lainnya. Coba anda bandingkan kehidupan penduduk di daerah pengunungan dengan daerah pantai! Kehidupan penduduk di kedua daerah tersebut tentu terdapat perbedaan, baik dalam segi sosial maupun ekonomi. Perbedaan juga terlihat pada kehidupan tumbuhan dan hewan.

Apabila anda amati, daerah pengunungan banyak hidup pohon yang berdaun jarum. Seperti pinus dan cemara. Adapun di daerah pantai. Anda akan udah menemui pohon-pohon kelapa dan tumbuhan bakau. Dilihat dari kehidupan hewannya, dipantai terlihat beragam jenis burung pemakan ikan dan kura-kura, sedangkan didaerah pengunungan sering terlihat burung elang dan beragam jenis kera.

Keragaman pola kehidupan dimuka bumi. Baik cara hidup tumbuhan, hewan, maupun manusia mencerminkan keragaman biosfer. Kita sebagai makhluk yang dikaruniai akal, pikiran, dan perasaan oleh tuhan sudah semestinya mengambil peran lebih dalam menjaga keragaman sumber daya yang ada disekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa.

Tidak ada komentar