Proses Masuknya Islam di Indonesia

Ridwan Menulis - Proses Masuknya Islam di Indonesia - Ada beberapa pendapat yang menjelaskan tentang masuknya agama Islam ke Indonesia. Pendapat tersebut didasarkan pada bukti-bukti yang telah ditemukan. Ada pendapat yang menyatakan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia sejak abad ke-7 M. Pendapat ini didasarkan pada berita yang diperoleh dari para pedagang Arab. 

Para pedagang Arab telah menjalin hubungan dagang dengan Indonesia pada masa perkembangan Kerajaan Sriwijaya abda ke-7 M. Wilayah Indonesia yang pertama kali menerima pengaruh Islam adalah daerah pantai Sumatra Utara atau wilayah Samadra Pasai. Dari Samudra Pasai, agama islam menyebar ke malaka dan selanjutnya ke Pulau Jawa melalui jalur perdagangan.

Pendapat lain mengatakan bahwa agama Islam mulai masuk ke Indonesia abad ke - 11 M. Pendapat ini didasarkan pada bukti sebuah batu nisan Fatimah binti Maimun di Leran dekat Gresik, Jawa Timur. Nisan ini berangka tahun 1082 M. Para ahli yang lain berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia baru pada abad ke - 13 M.

Pendapat ini didasarkan pada masa runtuhnya Dinasti Abassiyah di Bagdad (1258 M), berita dari Marco Polo (1292 M), batu nisan kubur Sultan Malik al Saleh yang berangka tahun 1297 M di Samudra Pasai, dan berita dari Ibnu Battutah (1345 M). Pendapat itu juga diperkuat dengan masa penyebaran ajaran tasawuf di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.