Upaya Pelestarian Hewan di Indonesia

Ridwan Menulis - Upaya Pelestarian Hewan di Indonesia, beragam jenis yang hidup di wilayah Indonesia sebagai tergolong hewan langka. Kita ketahui bahwa kelangkaan terjadi karena pengaruh perilaku manusia, meskipun faktor alam juga ikut berpengaruh. Namun, faktor perilaku manusia yang paling besar pengaruhnya terhadap kerusakan atau makin langka hewan di Indonesia. Untuk itu, diperlukan adanya upaya nyata menjaga dan menyelamatkan kelestarian hewan yang saat ini terancam punah atau hewan lain yang belum terancam. Upaya tersebut harus dilakukan oleh semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah dengan dibantu organisasi yang peduli terhadap kelestarian alam.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan di Indonesia diuraikan berikut ini.

A. Suaka margasatwa
Suaka margasatwa adalah hutan suaka alam yang ditetapkan sebagai suatu tempaat hidup hewan yang mempunyai nilai khas bagi ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta merupakan kekayaan dan kebanggaan nasional. Beragam jenis hewan langka hidup bebas dari berkembang biak secara alami di suaka margasatwa, sehingga keberlangsungan hidup hewan-hewan tersebut terjaga dengan baik.

Berikut ini beberapa suaka margasatwa yang terdapat di Indonesia.

1. Suaka Margasatwa Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, merupakan perlindungan bagi orang utan, bekantan, owa-owa, beruang madu, kijang, kancil, buaya, dan burung sindang lawe.
2. Suaka Margasatwa Baluran di Jawa Timur, merupakan tempat terbaik di Indonesia untuk mengamati kawanan besar satwa pemakan rumput. Hewan-hewan yang dilindungin di tempat ini, antara lain badak, banteng, kerbau liar, berbagai jenis kera, babi rusa, lutung dan burung merak.
3. Suaka Margasatwa Komodo di Nusa Tenggara Timur, dikhususkan biawak dan komodo. Satwa lain yang juga di lindungin adalah ayam hutan, burung kakatua, babi hutan, rusa, dan kerbau liar.
4. Suaka Margasatwa Pulau Pinjan dan Tanjung Matop di Sulawesi Tengah, merupakan perlindungan burung maleo, babi rusa, anoa, beberapa penyu, dan monyet hitam.
5. Suaka Margasatwa Gunung Leuseur, Aceh untuk perlindungan gajah, badak sumatra, tapir, oraang utan, harimau, rusa, kambing hutan, dan berbagai jenis burung.
6. Suaka Margasatwa Sumatra Selatan I di Sumatra Selatan melindungi tapir, badak, kerbau liar, harimau sumatra, gajah dan rusa.
7. Suaka Margasatwa Pulau Moyo, Sumbawa melindungi rusa, babi hutan, sapi liar, dan ayam hutan.
8. Suaka Margasatwa Kutai, Kalimantan Timur melindungi babi utan, banteng, rusa, orang utan, dan bekantan.

B. Pemberian penyuluhan yang intensif
Penyuluhan dan pembinaan merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk melestarikan hewan di Indonesia. Melalui upaya ini pihak pemerintah bekerja sama dengan tokoh masyarakat untuk memberikan pengetahuan terkait pentingnya kekayaan alam berupa keragaman hewan di Indonesia bagi kehidupan.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh nyi rawih tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada Nyi rawih berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau nyi rawih beliau orangnya baik ini nomor beliau 082250546417 atau klik UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    BalasHapus
  2. Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D.dan alhamdulillah saya dapat Rp.500.juta.dan semua ini berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL.karena cuma beliaulah yang memberikan angka ghoibnya,yang di jamin 100% tembus,awal saya bergabung hanya memasang Rp.50.ribu,karna saya gak terlalu percaya,ternyatah benar-benar
    tembus,dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi: MBAH SANGKIL di nomor hp (_0852_1049_3757_) insya allah beliau akan membantu kesusahan anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih........

    BalasHapus