Kenapa Harus ke Cirebon ?

Ridwan Menulis - Kenapa Harus ke Cirebon ? Cirebon, Jawa Barat, Indonesia lebih sering disebut dengan panggilan Kota Cirebon / Kota Wali ini terletak di daerah pantai utara Provinsi Jawa Barat bagian timur. Dengan letak geografis yang strategis, yang merupakan jalur utama transportasi dari Jakarta menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, yang melalui daerah utara atau pantai utara (Pantura). Letak tersebut menjadikan suatu keuntungan bagi Kota Cirebon, terutama dari segi perhubungan dan komunikasi.

Banyak alasan yang melandasi ketertarikan kita akan kota yang satu ini. Pertama, Cirebon memiliki masjid yang cukup luas namanya masjid Raya At-Taqwa Cirebon, semula sebenarnya bernama Tajug Agung kalau di lihat dari segi bangunannya sudah cukup lama dan bisa dikatakan sudah tua, ruangan terlalu kecil, dan letaknya kurang menghadap kiblat, kemudian R. M. Arhatha, kepala kordinator urusan Agama Kota Cirebon mempunyai gagasan untuk merenovasi Tajug Agung itu di tempat yang lama dengan mengambil nama Masjid Raya At-Taqwa Cirebon, karena sudah ada masjid agung yang terletak di kesepuhan yang sekarang menjadi Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Kedua, Cirebon merupakan salah satu kota yang kental akan kebudayaannya, dimana hal ini dapat kita lihat eksistenasi Keraton Kesepuhan Cirebon dengan ratusan abdi dalam yang setia menjalankan tradisi yang sudah lama dilakukan, dimana kebudayaan itu bersinergi dalam kehidupan masyarakat yang ada.
Ketiga, Cirebon merupakan kota wisata yang tetap eksis di Indonesia, dimana setiap pojok wilayah Cirebon memiliki objek wisata yang sangat menarik. Bila kita mengambil salah satu contoh yaitu kita perhatikan Taman Sari Gua Sunyaragi. Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan salah satu benda cagar budaya yang merupakan berada di Kota Cirebon dengan luas sekitar 15 hektaer. Objek cagar budaya ini berada di sisi jalan By Pass Dharsono, Cirebon, Jawa Barat. Kontruksi dan komposisi bangunan situs ini merupakan sebuah taman air. Karena itu Gua Sunyaragi disebut dengan taman air gua sunyaragi.

Sejarah mengenai pembangunan Gua Sunyaragi di Cirebon
Sejarah berdiri Gua Sunyaragi memiliki dua buah versi, yang pertama adalah berita lisan mengenai sejarah berdirinya gua sunyaragi yang disampaikan turun - temurun oleh para bangsawan Cirebon atau keturunan keraton. Versi tersebut dikenal dengan sebutan versi Carub Kanda. Versi kedua adalah versi Caruban Nagari yaitu berdasarkan buku purwaka Caruban Nagari tulisan tangan Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon tahun 1720.

Keempat, Cirebon selain mempunyai sejarah kebudayaan, cirebon juga mempunyai sejarah mengenai batik yang berasal dari Cirebon dan tidak dapat ditemui di tempat lainnya adalah Mega Mendung yaitu motif berbentuk seperti awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada suatu gambar utama.

Motif Mega Mendung tersebut merupakan ciptaan Pangeran Cakrabuana ( 1452-1479 ), yang hingga kini masih selalu digunakan. Motif batik tersebut didapat dari pengaruh keraton-keraton di Cirebon. Karena pada awalnya, seni batik Cirebon hanya dikenal di kalangan keraton.

Kelima, Cirebon selain lengkap dengan berbagai budaya Cirebon ikut bersaing di dalam dunia maya salah satunya yaitu SEO. Belajar SEO dari Pakar Seo Cirebon menjadi pakar SEO itu sebenarnya tidak mudah, perlu banyak pengorbanan dalam mempelajari algoritme mesin pencarian seperti Google. Paling mudah menguasai halaman 1 google dengan belajar SEO pada ahlinya. Dengan mengikuti sekolah atau private mengenai SEO, kita bisa mempercepat proses belajar karena di bimbing oleh pakarnya. Siapa sih Pakar Seo Cirebon itu? Pertanyaan itu sering sekali di lontarkan oleh pengguna internet terutama yang mengetahui tentang seo sebelum saya jawab pertanyaan mengenai itu lebih baik kita cari tau dulu Apa SEO itu? Serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan. Ini merupakan Pakar SEO Cirebon yang memiliki semangat untuk memperkenalkan Cirebon melalui dunia maya beliau memiliki nama Frans S Pekasa saat ini beliau mengurus salah satu website yang bernama www.frans.co.id dan beliau juga sukses dalam mengurus usahanya dalam bidang mebel hingga sampai saat ini dan juga beliau mendapatkan piala Primaniyarta award 2012   

Tidak ada komentar