Mengenai Revolusi Sosial

Ridwan Menulis - Mengenai Revolusi Sosial - Perkembangan masyarakat dapat terjadi secara bertahap seperti yang dijelaskan menurut teori evolusi sosial. Namun, terkadang perubahaan itu berlangsung singkat dan cepat atau disebut dengan revolusi.

Suatu revolusi membutuhkan waktu relatif cepat, namun yang lebih penting adalah terjadinya perubahaan pada sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat. Relativitas waktu dalam revolusi tampak dengan jelas.

Anda dapat membandingkan jangka waktu yang dibutuhkan dalam proses Revolusi Industri di Inggris yang kemudian menyebar ke seluruh eropa, dengan revolusi kemerdekaan Indonesia.

Revolusi Industri berlangsung dari tahun 1800-an hingga awal 1900-an, hampir satu abad, sedangkan revolusi kemerdekaan Indonesia berlangsung sejak Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga kemerdekaan Indonesia benar-benar diakui secara internasional pada tahun 1949.

Revolusi Industri mengubah cara orang bekerja, hubungan antara buruh dan majikan, dan struktur sosial juga berubah. Revolusi kemerdekaan Indonesia mengubah status bangsa Indonesia yang semula sebagai masyarakat yang dijajah menjadi masyarakat yang berdaulat.

Terbentuknya kedaulatan negara berarti mengubah struktur masyarakat secara menyeluruh berikut lembaga-lembaga, serta nilai-nilai dan norma sosialnya.

Tidak ada komentar