Pengalaman Tes Tahap Awal Akpol di Bandung

Ridwan Menulis - Pengalaman Tes Tahap Awal Akpol di Bandung - Sebelumnya saya mengikuti Jalur SNMPTN itu merupakan salah satu jalur agar bisa masuk ke Kampus Negeri yang diinginkan terutama waktu itu saya berharap bisa masuk ke Kampus Negeri yang ada di Jawa Barat terutama khususnya di Bandung yang menurut saya itu tidak terlalu jauh dengan Cirebon. Cirebon merupakan tempat saya kecil hingga saya SMA. Saya bersekolah SMA di SMAN 5 Cirebon yang berada di Jl. Perjuangan Majasem Kota Cirebon tersebut saya lulus pada tahun 2015. Setelah lulus SMA saya mencoba dan berusaha untuk daftar kuliah maupun kerja yaitu salah satunya saya mendaftarkan diri ke Akpol melalui Polres Cirebon ( Kabupaten Cirebon ).

Dalam proses pendaftaran ke Akpol saya ditemanin ibu untuk melengkapi berbagai persyaratan agar bisa daftar ke Akpol. Ibu menemani saya mulai dari pagi hingga sore dan ibu juga membantu saya dalam menyiapkan berbagai persyaratannya mulai dari SKCK mulai dari Polsek terdekat hingga sampai ke Polres Cirebon terkadang berbagai persyaratan ada aja yang salah tapi ibu saya terus memberikan semangat dan membantu saya untuk memperbaiki berbagai persyaratan untuk masuk Akpol.

Dalam menyiapi persyaratan saya terkadang mengalami kewalahan karena biaya tidak menyukupi untuk mempersiapkan persyaratan mulai dari materai yang menurut saya terlalu banyak, foto, fotocopy, bayar adm ke berbagai instansi pemerintah mulai dari Dinas Penduduk, maupun hal lainnya yang menurut saya slogan dalam pendaftaran polisi mengenai "Daftar Gratis" kurang tepat dan tidak terbukti saat di lapangan.

Sebenarnya, saya daftar menjadi Akpol tidak diizinkan oleh ayah saya tapi ibu mengatakan agar terus melanjutkan dan semangat berlatih kalau urusan ayah nanti juga suatu saat bakal ngebantu kamu dalam pendidikan kalau seandainya nanti kamu keterima di Akpol.

Saya mengakui emang ayah saya dengan ayah orang lain sangat berbeda wataknya saya aja selalu di support oleh ibu sebesar apapun kamu berusaha pasti suatu saat akan meraih yang akan kamu inginkan nantinya.

Teman-teman mungkin banyak yang tidak mengetahui kondisi saya sesulit apapun itu saya selalu menutupi dan berusaha untuk selalu tegar dan bangkit yang selalu ibu saya ajarkan kepada anak-anaknya.

Pada beberapa hari setelah selesai menyiapkan berbagai persyaratan di Polres Cirebon saya berlatih dirumah ketika pada 2 Mei semuanya disuruh kumpul di Polres Cirebon dan disitu disuruh bayar sebesar Rp. 120.000 untuk transportasi menuju Bandung dalam waktu kurang lebih 1 s/d 2 hari dan disitu saya dan ibu kembali pusing dan binggung harus mempersiapkan uang sebesar itu. Tapi pas sore tiba-tiba ayah pulang saya dan adik saling bekerjasama gimana caranya bisa dapatin uang tanpa harus bilang saya daftar ke Akpol. Setelah, saya dan adik berusaha mencari berbagai cara akhirnya saya bisa mendapatkan uang sejumlah Rp. 120.000 termasuk juga buat sangu berangkat kesana walaupun cuma Rp. 50.000 tapi saya bersyukur bisa berangkat ke Bandung untuk melaksanakan tes tahap awal yaitu Tinggi Badan dan Berat Badan.

Setelah bayar, saya langsung bergegas pulang setelah dari Polres Cirebon untuk membayar biaya transportasi untuk mempersiapkan buat berangkat nanti malam bersama rombongan peserta yang daftar Akpol, polwan, maupun tam-tama. Berbagai persiapan mulai dari Kartu peserta, Kaos dan Celana putih, dan pelengkapan lainnya untuk mengikuti tes berat badan dan tinggi badan tersebut agar tidak ada satupun yang ketinggalan.

Setelah semuanya selesai saya bergegas bersiap-siap untuk berangkat ke Polres Cirebon untuk berkumpul dan bersatu disana untuk berangkat bareng-bareng menuju ke Bandung. Setelah, beberapa menit panitia melakukan absen kepada para peserta dan sudah dipastikan komplit para peserta pun bergegas untuk memasuk BUS pada saat itu saya dan 20 orang cowo mendapatkan BUS A bareng polwan satu bis dan di lengkapi kurang lebih 3 panitia dari Polres Cirebon untuk menjaga kami di BUS A tersebut.

Setelah semuanya masuk akhirnya bis jalan dan saya meninggalkan ibu dan adik saya yang mengantarkan saya ke Polres Cirebon setelah saya Jalan ibu dan adik bergegas pulang dan sayapun sms ke ibu ataupun adik agar hati-hati di jalan karena kondisi malam sangat berbahaya kalau mengendarai sepeda motor dikhawatirkan ada orang yang tidak bertanggung jawab.

Sesudah sms saya tidur di BUS agar dimaksudnya kondisi fisik terjaga karena apabila kita tidak tidur terkadang darah kita ga normal yang ada nantinya ketika tes di Bandung banyak yang gagal karena malamnya mereka tidak tidur pengalaman tahun lalu sebelumnya di ceritakan oleh panitia saat masih di Polres Cirebon.

Jam terus berlalu dan ketika saya bangun tiba-tiba sudah mau nyampai di Brimob Polda Jabar di Bandung ketika saya lihat jam ternyata nyampai pada pukul 05.30 pagi dan karena bus yang membawa rombongan Polres Cirebon tidak bisa masuk akhirnya cuma bisa berhenti di depan saja itupun macet akhirnya para peserta disuruh jalan untuk masuk ke dalam lingkungan Polda Jabar jarak dari depan ke aula Polda Jabar menurut saya lumayan jauh tapi tak ada masalah para peserta terlihat senang. Setelah, sampai di Aula Polda Jabar akhirnya para peserta disuruh memakai celana pendek putih dan kaos putih untuk melaksanakan tes tahap awal yaitu mengukur tinggi badan dan berat badan.

Saat ketika di dalam aula saya dan bersama rombongan menepati barisan pengukur Polres Cirebon yang sebelumnya tadi awal berkumpul semuanya tanpa menghadap ke Polres masing-masing setelah itu baru menghadap ke Polres masing-masing tersebut. Dan akhirnya setelah selesai mengukur tinggi badan dan berat badan saya merasa lega karena bisa lolos tahap awal.

Setelah semua rombongan Polres Cirebon melaksanakan Tes Tahap Awal yaitu mengukur tinggi badan dan berat badan semua menunggu di satu titik sebelum waktu menunjukkan pada pukul 14.30 WIB sembari menunggu di Aula barangkali ada pengumuman lainnya ada yang sempat meluangkan waktu untuk sarapan pagi agar badan selalu baik kondisinya. Pada pukul 12.00 siang menyempatkan untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid terdekat yang tidak terlalu jauh dengan kendaraan rombongan Polres Cirebon. Setelah selesai akhirnya semua rombongan Polres Cirebon langsung menuju Bus rombongan yang bertulisan "Polres Cirebon" ya walaupun waktu masih terlalu lama untuk menunjukan pukul 14.30 akhirnya saya dan teman-teman laki-laki lainnya jajan makanan ringan seperti roti dan lainnya dan juga menggodai peserta polwan dari kota lainnya.

Setelah waktu menunjukkan pada 14. 30 akhirnya peserta Polres Cirebon siap-siap berangkat menuju  ke Cirebon dengan kondisi peserta yang komplit tanpa ada yang kurang. Saat di Jalan asik mendengarkan lagu dan bergembira bersama perjalanan ke Cirebon lumayan lama kurang lebih 4 Jam.

Waktu sudah melewati magrib akhirnya mobil rombongan Polres Cirebon nyampai juga di Cirebon dengan kondisi selamat semua. Setelah nyampai saya langsung bergegas menghampiri ibu yang menurut saya sudah lama menunggu saya di depan Polres Cirebon setelah itu saya dan ibu langsung bergegas pulang sebelum nyampai rumah saya dan ibu mampir ke tempat bakso untuk makan bakso dulu ya walaupun duit saya ga banyak tapi cukup untuk beli 2 bangko bakso.

Cukup sekian cerita pengalaman saya saat mengikuti Tes Tahap Awal Akpol di Bandung tersebut. Terima Kasih

Photo by Google

2 komentar: