5 Kuliner Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba

Ridwan Menulis - 5 Kuliner Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba - Cirebon merupakan sebuah daerah yang saya tinggali selama sekolah mulai dari SD, SMP sampai dengan SMA memiliki kuliner yang wajib di nikmati bagi para warga luar Cirebon.

Saya bukan warga luar Cirebon jadi ya saya lebih suka di sebut orang lokal. Saya sudah lama di Cirebon. Ketiika saya di Cirebon saya seringkali mencoba kuliner khas Cirebon.

Berikut beberapa kuliner khas Cirebon yang mungkin bisa kalian nikmati ketika berada di Cirebon nantinya.

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan sebuah makanan yang dibungkus dengan daun jati ditambah dengan berbagai lauk sangat sayang bila tidak di cicip. Ketika berkunjung ke Cirebon sangat mudah menemukan para pedagang - pedagang yang menjual nasi jamblang. Mungkin salah satunya Nasi Jamblang Bu Nur yang berada di Jalan Cangkring No. 185 Cirebon.

2. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan khas Cirebon makanan ini mirip dengan gulai (Gule) yang dimasak menggunakan kayu bakar (Pohon Mangga) di dalam gentong (Periuk Tanah Liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat, dan daging sapi. Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai dan sambal berupa cabai kering giling.

 3. Kerupuk Melarat

Melarat berarti miskin. Kerupuk ini merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang biasanya disajikan dengan menambahkan sambal asam. Kerupuk ini biasanya dikemas oleh plastik dan diikat oleh tali rapia berwarna merah. Warna kerupuk memiliki berbagai jenis warna mulai dari merah muda, kuning putih dan lain-lainnya.

4. Mi Koclok

Mi Koclok merupakan mi kuning yang disajikan dengan taoge, kol, sawiran daging ayam, telur kemudian disiram dengan buah santan. Makanan ini harus disajikan saat masih panas kalau dingin sudah tidak enak dinikmati.

5. Docang

Makanan khas Cirebon yang terdiri dari lontong, daun singkong, taoge, kerupuk, di campur dengan sayur dage atau tempe gembos yang dihancurkan serta diberi parutan kelapa muda. Makanan ini memiliki rasa khas yang gurih dan nikmat jika akan disajikan dalam keadaan masih panas maupun hangat.

Nah, itulah tadi kuliner khas Cirebon baik makanan dan minuman yang wajib di coba kalau kalian berkunjung ke Cirebon. Jika kalian ke Cirebon, silahkan bisa jelajah setiap sudut kota untuk menemukan berbagai kuliner khas Cirebon yang enak dan harganya sangat terjangkau untuk kantong kalian. Kamu berminat untuk berkunjung ke Cirebon?

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda"5 Kuliner Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba".Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus