Opini : Kualitas Hidup Manusia dari Pendidikan

           Pada dasarnya manusia perlu menjadi seorang yang berpendidikan supaya memiliki kemampuan untuk membentuk dirinya baik secara fisik maupun mental. Dengan pendidikan seseorang dapat berpeluang lebih besar untuk menjadi peradaban manusia yang lebih maju, dengan pendidikan seseorang yang tidak tahu menjadi tahu, dengan pendidikan menjadikan manusia memiliki kualitas yang ada pada dirinya dari kemampuan potensi yang ia miliki dan dapat dikembangkan kepada peserta didik.

           Pendidikan merupakan usaha untuk membimbing dan menghubungkan potensi individu, secara umum dalam pandangan masyarakat pendidikan merupakan usaha pewarisan nilai - nilai budaya dari generasi tua kepada generasi muda, supaya nilai - nilai budaya tersebut tetap terpelihara. Oleh sebab itu, dalam penyelenggara perlu dibentuk kelembagaan pendidikan formal. Hasan langgulung mengutarakan dalam bukunya (1986) bahwa, ''pendidikan mencakup dua kepentingan utama, yaitu pengembangan potensi individu dan pariwisata dan pewaris nilai - nilai budaya''.

           Pendidikan mengandung fungsi yang luas dari pemelihara dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat, terutama membawa warga masyarakat yang baru mengenal tanggung jawab bersama dalam pendidikan. Pendidikan menjadikan manusia yang berkualitas dalam pandangan masyarakat, menjadikan manusia yang bertanggung jawab, menjadikan manusia lebih kaya dan luas tentang wawasan ilmu pengetahuan. Menurut epistimologi para ahli mengemukakan berbagai arti tentang pendidikan Prof. Zaharai Idris, M.A. misalnya, mengatakan bahwa "Pendidikan ialah serangkai kegiatan komunikasi yang bertujuan, antara manusia dewasa dengan si anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan terhadap perkembangan anak seutuhnya''.

Oleh karena itu dalam pendidikan sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia dan menjadikan dunia lebih maju, dan hasil dari pendidikan yang efektif itu menjadikan manusia yang berkualitas dan bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa.

Opini ini dikirim oleh : Ashri Shaumi
Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Tidak ada komentar