Opini : Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan

          Era globalisasi membuka mata kita untuk melihat ke masa depan yang penuh tantangan dan persaingan. Era kesejagatan yang tidak dibatasi waktu dan tempat membuat SDM yang ada selalu ingin meningkatkan kualitas dirinya agar tidak tertinggal dari yang lain. Kebijakan pembangunan nasional dengan berpegang pada undang - undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonom Daerah membawa perubahaan strategik pada kualitas SDM yang diperlukan setiap daerah untuk dapat bersaing secara positif dengan daerah lain di Indonesia. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk mewujudkan kualitas SDM. Pendidikan merupakan salah satu upaya utama mengimplikasikan keinginan tersebut, namun juga memerlukan waktu yang cukup lama dan biaya yang lebih besar. Berbagai jenis dan jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh pemerintah. Peningkatan kualitas SDM merupakan tanggung jawab semua pihak. Dengan demikian, pembangunan di bidang pendidikan merupakan salah satu keberhasilan suata Negara/daerah.

           Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas SDM. Untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi penyelenggara pendidikan, perlu ditingkatkan kualitas manajemen pendidikan. Berkaitan dengan masalah ini. Engkoswara (2001 : 5) menyebutkan bahwa "Manajemen pendidikan yang diharapkan menghasilkan pendidikan yang produktif, yaitu efektif dan efesiensi, memerlukan analisis kebudayaan atau nilai - nilai dan gagasan vital dalam berbagai dimensi kehidupan yang berlaku untuk kurun waktu yang cukup dimana manusia hidup.'' Kualitas pendidikan dapat dilihat dari nilai tambah yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan, baik produk dan jasa maupun pelayanan yang mampu bersaing di lapangan kerja yang ada dan yang diperlukan.

             Peningkatan kualitas SDM dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pendidikan. Sehubungan dengan masalah ini, Supriadi (1996 : 54) mengemukkan bahwa "Agar pendidikan dapat memainkan perannya maka harus terkait dengan dunia kerja, artinya lulusan pendidikan semestinya memiliki kemampuan dan ketrampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja. Hanya dengan cara ini, pendidikan mempunyai kontribusi terhadap ekonomi." Program peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan akan memberi manfaat pada organisasi berupa produktivitas, moral, efesiensi, dan stablitasi organisasi dalam mengantisipasi lingkungan, baik dari dalam maupun ke luar organisasi yang selalu berubah mengikuti perkembangan zama.

Opini dikirim oleh : Arif Rahmat Fauzi
Universitas Muhammadiyah Cirebon

Tidak ada komentar