Opini : Pentingnya Tiga Semboyan Pendidikan Bagi Seorang Pendidik

           Siapa yang tidak mengenal sosok yang menginspirasi dalam dunia pendidikan di Indonesia? Ki Hajar Dewantara adalah pelopor pendidikan di Indonesia, usahanya dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia hingga saat ini bermula dengan didirikannya National Onderwijs Institut Taman Siswa yang sekarang lebih di kenal dengan sebutan Taman Siswa. Berkat adanya taman siswa rakyat Indonesia dapat mengenyam pendidikan yang dahulu sulit untuk didapatkan.

           Dalam semboyanya yang berbunyi "Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani" yang sekarang masih di tanamkan dalam dunia pendidikan ini. Berangkat dari semboyan yang di rintis oleh bapak pendidikan Indonesia dalam proses pendidikan semboyan tersebut menggambarkan peran seorang guru atau pendidikan yang sebenarnya.

           "Ing Ngarso Sung Tulodho" yang berarti "Di depan memberikan teladan" seorang guru dalam mendidik harus memberikan teladan atau contoh yang baik kepada anak didiknya dengan memberikan teladan yang baik peserta didik akan mengikuti dengan sedirinya perilaku guru. Sehingga guru harus mampu menjaga prilaku di depan peserta didik karena guru menjadi teladan bagi anak didiknya serta dapat mengarahkan ke arah yang baik untuk siswanya.

            "Ing Madyo Mangun Karso" artinya "Ditengah membangkitkan kehendak" di dalam kesibukkannya sebagai seorang pedidik peran guru dalam hal ini yaitu seorang guru harus mampu menggungah semangat peserta didik dalam menjalankan aktivitas pendidikan.

             Dan yang terakhir yaitu "Tut Wuri Hadayani" artinya "Di belakang menggerakkan" selain memberikan ilmu kepada peserta didiknya seorang guru juga harus memberikan dorongan kepada siswa dalam bentuk motivasi. Secara langsung maupun tidak langsung motivasi. Secara langsung maupun tidak langsung motivasi ini ini dapat berdampak positif dalam keberlangsungan proses pembelajaran.

              Dari ketiga semboyan ini seorang pendidik selain mengajar juga harus dapat dijadikan panutan dan memberi motivasi bagi peserta didik. Tanggung jawab seorang guru sangat besar karena seorang guru dalam kesehariannya menghadapi makhluk yang hidup memiliki akal dan hati sehingga di setiap ucapan maupun prilaku yang di contohkan seorang guru akan menentukan keberhasilan yang akan dicapai peserta didiknya akankah menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat lainnya atau bahkan sebaliknya ? Mendidik dengan hari akan menjadikan seorang pendidikan yang sejati.

Opini dikirim oleh : Risqin Caherunisa
Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Tidak ada komentar