Budayawan Amerika Ini Jago Bermain Gamelan Cirebon

Ridwan Menulis - Mr. Richard North merupakan seorang budayawan asal Amerika Serikat yang selama ini terus mempelajari berbagai kesenian di Cirebon salah satunya Gamelan Cirebon yang di mainkan dalam acara Keraton Kacirebonan "Memayu Agunge Budaya Ingsun" pada 10 Agustus 2016 di Keraton Kacirebonan.

Dalam "Memayu Agunge Budaya Ingsun" itu sebuah penampilan kesenian dari Keraton Kacirebonan yang berhasil di selenggarakan oleh pihak Keraton Kacirebonan dengan menampilkan berbagai kesenian dari pagi hingga malam hari.

Itu dibuktikan oleh Mr. Richard North dan Sanggar Seni Surya menunjukkan saat memainkan Gamelan Renteng dan Tari Topeng Klana di hadapan masyarakat umum dan tamu undangan dari Keraton Kacirebonan tersebut dalam acara "Memayu Agunge Budaya Ingsun".

Acara tersebut juga dapat menarik wisatawan agar berkunjung ke Cirebon khususnya Keraton Kacirebonan. Tidak hanya itu dengan adanya acara tersebut Keraton Kacirebonan tambah dikenal lagi oleh masyarakat Cirebon maupun masyarakat dari luar Cirebon sehingga nantinya pengunjung Keraton Kacirebon bertambah dari sebelumnya.

Mr. Richard North pertama kali belajar memainkan gamelan yang pertama ia mainkan pada tahun 1972 di Universitas yang berada di San Diego, California.

Beliau sangat menyukai berbagai kebudayaan yang ada di Cirebon seperti halnya memainkan gamelan pertama kali dateng ke Cirebon saat itu pada tahun 1976.

Tidak ada komentar