Blogger Indonesia Harus Waspada UU ITE Revisi

Saat ini blogger di Indonesia sangat aktif menulis di internet seperti halnya blog, facebook atau media sosial lainnya. Tapi mulai hari ini Senin, 28 November 2016 sepertinya harus kembali berhati - hati saat akan menuliskan sesuatu baik itu blog maupun media sosial lainnya karena UU ITE Revisi akan menjerat para blogger ke penjara nantinya.

Revisi Undang - Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pada 28 November 2016 sudah resmi diberlakukan hal itu menuntut para blogger yang aktif menulis di media blog agar bisa lebih berhati - hati lagi sebelum menuliskan sesuatu di media sosial termasuk blog.

Seperti di informasikan bahwa dalam UU ITE itu dijelaskan dilarang membuat dan menyebarkan informasi yang bersifat tuduhan, fitnah, maupun SARA yang mengundang kebencian.

Mengenai UU ITE itu yang bisa dijerat bukan hanya saja yang membuat, tapi bahkan juga yang mendistribusikan dan mentransmisikannya. Diingatkan bahwa jangan mudah menyebarkan informasi yang bisa menimbulkan kebencian terhadap kelompok tertentu.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, dalam pasal "Karet" 27 terdapat pengurangan hukuman pidana untuk kasus pencemaran nama baik dari enam tahun menjadi emapt tahun penjara.

Kemudian dalam Pasal 29 tentang pengancaman dengan kekerasaan, semula berlaku hukuman 11 tahun, kini juga hanya empat tahun.

Aturan ini ini membuat tersangka baru bisa ditahan setelah keputusan pengadilan inkrah. Dalam Pasal 27 Ayat 3, juga dijelaskan bahwa tuduhan itu harus ditujukan kepada personal baru akan ditindak.

Para blogger di Indonesia merasa khawatir mengenai Revisi UU ITE yang terbit hari ini senin, 28 November 2016 berpotensi mengancam kebebasan berekspresi para Blogger di Indonesia yang selama ini sangat aktif menulis di dunia digital.

3 komentar:

  1. Harus lebih hati-hati lagi dalam menulis konten yah.

    Mungkin ini gara-gara banyak konten yg suka fitnah, mengandung sara. Cukup prihatin. :')

    BalasHapus
  2. harus lebih hati2 dalam menulis nih. semoga bloger2 di indonesia bener2 memehami uu ITE ini

    BalasHapus
  3. Wah... harus hati - hati ini.

    BalasHapus