Kesempatan Berkunjung Ke PLTP Kamojang dan Konservasi Elang Jawa.

Ridwanmenulis.com - Pada 5 Nopember 2016 tiba - tiba mendapatkan email dari We Green Industry untuk mengikuti acara "Jelajah PLTP Kamojang dan Konservasi Elang Jawa" pada 11-12 November 2016 di Kamojang Garut. Dalam hal itu merupakan kesempatan untuk lebih dekat dengan PT Pertamina, sebagai BUMN bidang energi yang memiliki unit usaha energi terbarukan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP).

Apa itu We Green Industry ? yaitu komunitas yang fokus dalam penerapan kaidah dan best practices Green Industry oleh perusahaan di Indonesia sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, dengan tidak hanya mencari keuntungan, juga aspek masyarakat dan lingkungan sekitar.

Dalam benak hati saya selalu menginginkan berkunjung ke PT Pertamina untuk melihat secanggih apa alat yang dimiliki PT Pertamina hingga sekarang ini tetapi kesempatan itu tak kunjung dateng. Oleh karena itu, We Green Industry mengetahui bahwa saya aktif menulis di ridwanmenulis.com makannya mereka mengundang & mengajak saya ke acara "Jelajah PLTP Kamojang dan Konservasi Elang Jawa" pada 11 - 12 November 2016 di Kamojang Garut.

Karena kesempatan itu nantinya saya akan mengetahui berbagai pengembangan infrastruktur terus yang dilakukan oleh PT Pertamina baik itu infrastruktur gas, pengolahan, dan bahkan pemasaran. Tidak hanya itu bahkan sekarang PT Pertamina terus mempercepat proyek infrastruktur pemasaran hingga sekarang sudah mendekati tahapan - tahapan akhir. Hingga saat ini diketahui bahwa PT Pertamina perusahaan panas bumi (Geothermal) terbesar di Indonesia.

Ini Visi dan Misi dari PT Pertamina
Visi : Menjadi perusahaan energi Nasional Kelas Dunia.
Misi : Menjalankan usaha minyak gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip - prinsip komersial yang kuat.

Untuk pemanfaatan energi bersih dan terbarukan yang dilakukan pemerintah Joko Widodo saat ini sangat vital sebagai upaya memperkuat ketahanan energi nasional di masa yang akan datang.

Mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dapat di lihat di situs ESDM yang ditahun 2015 sebesar 1.438 MW, sekitar 2.000 MW, kemudian dari PLTA kurang dari 500 MW padahal potensi PLT mikro hidro mencapai 12.725 MW. Pembangkit listrik tenaga surya, tenaga angin masih kurang dari 100 MW.

Hingga sekarang di Indonesia mengenai potensi terbarukan yang sangat melimpah masih saja belum dilirik oleh Indonesia dan bahkan tidak dikembangkan dengan baik dan serius.

Potensi panas bumi ( Geothermal ) di Indonesia mencapai hingga 29.000 MW atau 40% cadangan dunia oleh karena itu potensi di Indonesia banyak yang masih bisa diolah dan di manfaatkan dengan baik oleh Pemerintah di Indonesia.

Saya yakin bahwa di Indonesia dengan energi terbarukan dapat mengatasi masalah mengenai kelistrikan di Indonesia saat ini. Sebenarnya saat ini di Indonesia dapat memanfaatkan potensi alam lokal yang hingga kini tidak ada habisnya.

Diharapkan Indonesia dapat secepatnya beralih ke energi terbarukan untuk pemenuhan kebutuhan energi negeri. Banyak negara yang sudah beralih dan hingga sekarang mendapatkan keuntungan harga listrik yang lebih murah kalau dibandingkan energi konvensional.

Manfaat mengenai Energi Terbarukan?
1. Tersedia melimpah di Indonesia Indonesia negeri tropis, matahari bersinar stabil sepanjang tahun, negeri ring of fire dunia, 60% potensi geothermal dunia ada di Indonesia, negeri kepulauan dengan potensi gelombang laut serta angin yang cukup besar.
2. Cocok untuk kemandirian dan ketahanan energi dalam negeri. Energi terbarukan sifatnya lokal, sangat susah untuk di ekspor sehingga 100% pemanfaatan untuk kebutuhan energi dalam negeri.
3. Relatif mudah dan cepat dipasang, cocok untuk mempercepat pemerataan energi hingga ke pelosok terpencil negeri ini, dimana merekalah masyarakat Indonesia yang sebagaian besar belum memperoleh akses listrik hingga sekarang.

Tidak hanya itu bahkan Konservasi Elang Jawa bukti kepedulian Pertamina mendukung keanekaragaman hayati yang hingga sekarang terus didukung.

2 komentar:

  1. Aahh..makin penasaran sama Jelajah Green Industry ini yaa.

    BalasHapus
  2. Duh gak sabar pengin segera mampir ke PLTP Kamojang. Terakhir kali ke sana pas zaman masih di SMK. :D

    BalasHapus