Bersihkan Pantai Karangsong Bersama PT Pertamina.

Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai di Indramayu
Tak disangka blog ridwanmenulis.com dalam HUT PT Pertamina Ke-59 kali ini mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai rangkaian acara memperingati HUT PT Pertamina Ke-59 tersebut di Indramayu selama 2 hari mulai tgl 9-10 Desember 2016.

Dalam memperingati HUT PT Pertamina Ke-59 tersebut menggelar Talkshow dan sekaligusnya bedah buku mengenai "Potensi Mangrove dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat" di Komplek Bumi Patra Pertamina Indramayu.

Kawasan Pantai Karangsong mulai berubah asri dan bahkan hijau. Ini merupakan hasil program konservasi yang dilakukan oleh masyarakat bersama - sama dengan PT Pertamina khususnya RU VI Balongan yang terangkum dalam program keanekaragaman hayati. Program tersebut mulai dicanangkan sejak 2010 lalu.

Setelah berjalan hingga enam bulan lalu terjadi perubahan yang signifikan baik secara fisik seperti perubahan tutupan, perubahan flora-fauna di dalam kawasan konservasi, maupun secara ekonomi sosial masyarakat sekitar kawasan konservasi.

Kedepan Pertamina RU VI Balongan akan membangun Kawasan Ekowisata Mangrove berbasis Edupark, sebagai upaya memberikan wawasan mengenai kebermanfaatan mangrove baik dari segi lingkungan dan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat, serta bermanfaat bagi penerapan pendidikan lingkungan hidup di Indramayu tersebut.

Hingga saat ini memang PT Pertamina RU VI Balongan masih terus berupaya dan berusaha membangun berbagai fasilitas - fasiltas penunjang ekowisata dan bahkan dalam dunia pendidikan nantinya akan juga dibangun Sekolah Mangrove dan pembangunan Arboretum Mangrove.

Mangrove sebagai komponen ekosistem memang memiliki pertumbuhannya yang cukup tepat, tetapi untuk laju perusakannya terutama oleh manusia juga sangat tinggi. Oleh karena itu penanaman kembali tersebut akan sangat membutuhkan banyak waktu untuk perlindungannya / pengawasan dalam menjamin tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk kegiatan penanaman mangrove bukanlah pekerjaan yang bisa dibilang sekali jadi. Bibit yang ditanam tersebut akan hancur atau bahkan tidak jadi karena itu diterjang ombak oleh karena itu warga sekitar mencoba belajar membentengi tanaman yang masih kecil dengan memasang alat pemecah ombak (APO). Apabila APO tersebut tidak berjalan baik dalam menahan ombak, warga mencoba memasang waring (bentangan jaring yang bisa menangkap sedimen yang terbawa arus laut).

Tak disangka dalam talkshow tersebut masyarakat Indramayu dan sekitarnya sangat antusias menyimak dan dari beberapa mereka turut mengajukan berbagai pertanyaan mengenai Mangrove yang sangat berpotensi di Indramayu tersebut dan bahkan ada yang menanyakan mengenai kelanjutan buku "Berlabuh di Pantai Karangsong" tersebut kedepannya seperti apa. Setelah acara Bedah Buku & Talkshow "Berlabuh di Pantai Karangsong" keesokkan harinya membersihkan Pantai Karangsong dan sekaligus menanam Mangrove.

Anak SD Ini Membersihkan Sampah di Pantai Karangsong
Sebanyak 1000 peserta mulai dari pekerja PT Pertamina, SKPD, warga, pelajar, mahasiswa, dan TNI/Polri turut serta membersihkan Pantai Karangsong dari berbagai sampah agar Pantai Karangsong Indramayu ini bebas dari berbagai sampah bahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Bupati Indramayu serta jajarannya turut serta memunggut sampah yang ada di Pantai Karangsong ini.

Bahkan Miss Indonesia 2015 Maria Harfanti turut serta memunggut berbagai sampah yang ada di Pantai Karangsong Indramayu tersebut walaupun predikatnya dia sebagai Miss Indonesia tapi dia tidak malu untuk turut serta dalam hal memunggut sampah yang merupakan rangkaian acara HUT Pertamina Ke-59 tersebut di Pantai Karangsong Indramayu.

Ia merupakan Miss Indonesia 2015 yang dilibatkan dalam acara Bebersih Pantai Karangsong Indramayu yang diadakan pada 10 Desember 2016 tersebut. Dalam hal itu Miss Indonesia juga harus bisa mencontohkan dengan baik bahwa pentingnya menjaga pantai dari berbagai sampah yang dinilai masih saja ada masyarakat yang belum sadar bahwa sampah itu dapat mengakibatkan berbagai hal baik itu banjir, dan hal lainnya sehingga nanti juga bisa mengganggu pertumbuhan Mangrove yang ada disekitar Pantai Karangsong tersebut.

Di sela - sela dia memunggut sampah saya sebagai ridwanmenulis.com mencoba mendekati beliau untuk sekedar foto dan kalau bisa sembari diskusi mengenai Pantai Karangsong menurut Miss Indonesia 2015 tersebut tapi diskusi tersebut ternyata tidak terwujud karena banyak anak muda yang ingin mengabadikan moment bersama Miss Indonesia 2015 Maria Harfanti tersebut.

Andai "Bagaikan Dunia Milik Kita Berdua"
Sosok ini sebelumnya saya sudah mengetahui pada saat acara Pesona Cirebon yang bareng dengan rombongan Menteri Pariwisata Republik Indonesia saat berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon tersebut tapi saat itu saya belum sempat mengabadikan moment bersama beliau saat main ke Keraton Kasepuhan Cirebon tersebut. Tapi ternyata tak disangka saya bisa ketemu beliau dalam acara HUT Pertamina Ke-59 di Indramayu baik itu Talkshow mengenai Mangrove maupun saat bebersih Pantai Karangsong Indramayu pada 9-10 Desember 2016 tersebut.

Setelah mengabadikan moment bersama Miss Indonesia 2015 tersebut saya mencoba layanan kesehatan yang sudah disediakan oleh PT Pertamina untuk masyarakat yang akan melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatannya secara gratis dalam memperingati HUT Pertamina Ke-59 di Pantai Karangsong Indramayu tersebut.

Saat mengikuti "Pengobatan Gratis" di Pantai Karangsong
Pengobatan Gratis tersebut melibatkan Klinik Pertamedika Jakarta yang sudah ditunjuk langsung oleh PT Pertamina untuk memberikan pengobatan gratis dalam memperingati HUT Pertamina Ke-59 di Indramayu tersebut yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan melakukan pengobatan tanpa harus memikirkan biaya.

Setelah mengikuti pengobatan gratis tersebut yang sudah disediakan oleh PT Pertamina di Pantai Karangsong tersebut saya langsung bergegas meninggalkan lokasi pengobatan tersebut. Karena waktu sudah menunjukkan Jam 13.00 WIB siang saya beserta rombongan meninggalkan Pantai Karangsong tersebut untuk menikmati makan siang di RM. Panorama Indramayu yang tidak jauh dari Pantai Karangsong tersebut.

Makan siang ini merupakan akhir pertemuan kita semua setelah sukses mengikuti kegiatan selama 2 hari dalam memeriahkan HUT PT Pertamina Ke-59 di Indramayu semoga suatu saat jalinan silahturahmi ini tetep bisa terjalin dengan baik dan semoga kedepan ada acara seperti ini lagi dan bisa mempertemukan lagi para blogger yang ada di Indonesia dalam memeriahkan acara yang diadakan di berbagai daerah.

1 komentar: