Caruban Carnival Promosikan Wisata di Kabupaten Cirebon.

Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setiap tahun selalu mengadakan acara "Caruban Carnival" yang diadakan di Jl. Tuparev Kab. Cirebon. Caruban Carnival ini diharapkan mampu mengenalkan potensi yang dimiliki khususnya di Kabupaten Cirebon.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon didorong agar bisa meningkatkan promosi potensi daerah terutama di sektor pariwisata budaya dengan melalui acara "Caruban Carnival" ini yang hampir setiap tahun diadakan.

Melalui Caruban Carnival ini kalian bisa melihat kreativitas para pemuda yang ada di Kabupaten Cirebon dalam bentuk kostum dengan tema yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon tersebut. Para pemuda tersebut bersemangat mengikuti acara tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon tersebut mereka rela mengeluarkan dana sendiri untuk membuat satu kostum tersebut. Terkadang setiap kostum yang mereka buat pasti memiliki bagian tersulit terutama bagian kepala tapi mereka tetep berusaha agar kostum tersebut bisa digunakan saat Caruban Festival 2017 pada 14 Mei 2017 di Jl. Tuparev tersebut.

Caruban Carnival 2017 mengangkat tema "Cirebon Heritage of Paksi Naga Liman" diangkat tema tersebut karena Paksinagaliman merupakan kendaraan peninggalan Kesultanan Cirebon yang terdiri dari 3 jenis binatang, yaitu paksi yang berarti burung, naga yang merupakan badannya, dan liman merupakan kepala gajah.

Bahkan di lokasi menghadirkan sebuah Replika kendaraan Paksinagaliman pun turut dihadirkan dan bahkan itu digunakan oleh Bupati Cirebon dari panggung utama menuju panggung para media setelah itu Bupati Cirebon kembali ke panggung utama dengan jalan kaki.

Tidak hanya itu, para peserta juga melibatkan dari berbagai daerah di Indonesia turut hadir di Caruban Carnival 2017, mulai dari Batik Solo Carnival, Kepulauan Riau, Jember, dan Semarang.

Kedepan acara Caruban Carnival ini bisa kembali diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga yang lebih meriah kalau bisa melibatkan para komunitas di lokasi sehingga sepanjang Jl. Tuparev itu komunitas tersebut bisa membuka stand dan mempamerkan hasil karya untuk memeriahkan acara Caruban Carnival tersebut tinggal panitia mengatur saja hal tersebut sehingga masyarakat yang menunggu parade lewat tidak merasa bosan mereka bisa melihat dan berkunjung ke stand komunitas yang terlibat di lokasi tersebut.

3 komentar:

  1. Seharusnya di berbagai tempat di Indonesia diadakan festival semacam ini, karena ini selain menarik wisatawan mancanegara juga bisa mengenalkan budaya Indonesia pada anak-anak dan pemuda yang harapannya tertarik mengikutinya.

    BalasHapus
  2. menarik sekali ya mas ,,,,, budaya kita benar benar bhineka tunggal ika ... mantep ....

    BalasHapus
  3. semakin banyak festival macam ini :)
    pawai dengan aneka kostum unik dan berwarna

    BalasHapus