Ini Provider Yang Mempersiapkan 5G di Indonesia.


Ridwanmenulis.com - Perkembangan Internet di Indonesia dinilai sangat baik berbagai upaya terus dilakukan termasuk metode pembayaran pun bisa digunakan melalui internet dan sejenisnya loh bahkan saat ini berbagai platform pun menggunakan berbagai metode online yang dilakukan.


Apalagi saat ini di Indonesia sedang ada yang namanya virus yang dinilai sangat berbahaya dan membuat masyarakat khawatir bahayanya virus ini ketika terkena Virus Covid-19 yang sedang meningkat dan berkembang di Indonesia.


Melalui internet ini Pemerintah dan masyarakat bisa memanfaatkan internet dengan bijak dan tepat untuk mensosialisasikan bahayanya covid-19 dan lainnya melalui internet baik itu website, instagram dan media internet lainnya. Di kondisi Covid-19 ini masyarakat maupun pemerintah tentunya memanfaatkan Internet sebagai sarana edukasi dan lainnya terutama untuk bekerja dari rumah sesuai himbauan pemerintah di kondisi Covid-19 ini untuk bisa mengerjakan berbagai aktivitas baik kerja, sekolah, dan lainnya melalui internet bisa lewat zoom, google meet maupun lainnya yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan internet maupun teknologi yang sudah semakin canggih dan terus mengalami perkembangan yang sangat baik.


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar pengujian 5G tahap kedua. Uji coba teknologi 5G ini ditujukan untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru. Beberapa hal yang dilakukan pada uji coba kali ini memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).


Mulyadi, ST., MT., Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo dalam pembukaan acara 5G Trial Kominfo bersama Smartfren di Galeri Smartfren Jakarta, Kamis (17/6/2021), mengatakan ,''Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi untuk layanan 5G di masa depan.



Merza Fachys, President Director Smartfren mengatakan,''kehadiran 5G ini bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.''


Uji coba 5G tahap kedua ini turut didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Dalam pengujian yang diselenggarakan di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G.


Dalam pengujian tahap kedua ini, skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan Ar. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.


Warren Huang, Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia mengatakan, ''Kami percaya bahwa 5G mampu menciptakan inovasi dan mendorong pengembangan yang lebih baik di berbagai perangkat dan teknologi. Kami sangat senang dapat mendukung Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Smartfren dalam uji coba 5G untuk memberikan gambaran tentang manfaat 5G. Kedepannya, kami akan terus bekerja sama dengan Smartfren untuk membawa kemampuan terbaik kami dalam meningkatkan manfaat 5G untuk kehidupan kita.''

19 komentar:

  1. Belum juga semua daerah di Indonesia merata pakai 4G, udah mau launching aja nih 5G. Bahkan ponsel yg mendukung sinyal 5G jg udah ada di Indonesia. Eh... Tp di luat negeri sepertinya jg uda ada nih yg uji coba 6G. Haduhh, cepet banget ya larinya teknologi ini

    BalasHapus
  2. SmartFren memang terbaiiikkk
    terobosan/ inovasi/ layanannya emang juaraakk banget!
    TOP MARKOTOP

    BalasHapus
  3. keren Smartfren, jadi gak sabar ingin segera 5G sehingga akses internet semakin cepat

    konon ada yang ketawa ngelihat buka instagram di Indonesia lama buangettt :D

    BalasHapus
  4. Asyik juga ya Smartfren sudah mendukung akses 5G. Hihi, padahal kayaknya baru aja ya beberapa waktu lalu kita pakai 4G. Eh, sekarang sudah 5G aja.

    BalasHapus
  5. Wiih kereen ya Smartfren udah mempersiapkan jaringan 5G. Apalagi di saat pandemi gini kita membutuhkan akses internet lebih banyak karena harus WFH dan SFH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Smartfren sudah mau pakai teknologi 5G. Padahal 2 bulan lalu saya melakukan school from home di kawasan Purwakarta menggunakan Smartfren pun koneksinya nauzubillah..

      Hapus
  6. saya sebagai pengguna smartfren juga sangat menunggu hadir 5G di provider ini, walaupun masih tahap eksperimen smoga mendapat hasil yg baik

    BalasHapus
  7. Wahh makin canggih aja nih teknologinya. Buat para gamers jadi makin lancar buat push ranknya deh.. hehehehe..

    BalasHapus
  8. Penasaran bakal kaya apa was-wesnya kalo teknologi 5G sudah bisa diakses merata. Enak banget kayanya buat yang pada kerja/kuliah online.

    BalasHapus
  9. Mantap bener yaa...jaringan 5G.
    Tahun lalu liat postingan artis-artis Korea pada pamer jaringan 5G, alhamdulillah...kini Indonesia pun menuju ke jaringan tercepat. Semoga seiring dengan kecepatan, kuota internet pun semakin murah.

    BalasHapus
  10. Wah keren banget ya.. 5G bakal di luncurkan Smartfren. Jadi aman untuk internetan di rumah, apalagi saat saat Pandemi.

    BalasHapus
  11. Belum kenyang di 4G dah keluar 5G mantap emang Smartfren. Semoga berkembang terus inovasinya kerenn

    BalasHapus
  12. Smartfren memang terbaik,, 4G saja sudah kenceng.. apalagi 5G

    BalasHapus
  13. Akses internet makin lancar dan cepat,mantappp semoga dengan adanya 5G imi tidak da lagi kendala jaringan lemot. Kerenn

    BalasHapus
  14. Wihh,makin canggihh yaaa.smartfren emangg trbaikk bangett

    BalasHapus
  15. Wahhh makin canggih yaa smartefrenn

    BalasHapus
  16. Wah smartefrenn semakin didepan,mantap!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.