Ini Pengalaman Saya Vaksinasi di Puskesmas Talun, Cirebon.


Ridwanmenulis.com
- Seperti ketahui, Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19 hingga hari ini. Bahkan, Indonesia belum juga selesai mengatasi pandemi ini sudah muncul lagi varian baru dari Virus Corona yang sangat berbahaya untuk masyarakat Indonesia terutama Cirebon.


Dari situlah, masyarakat harus tetap menerapkan Prokes 5M dan melindungi diri dengan Vaksin Covid-19 yang sudah disiapkan oleh pemerintah untuk melindungi dan menjaga masyarakat agar tetep kebal di kondisi pandemi ini.


Ya, walaupun kalian mendapatkan Vaksin Covid-19 dari Pemerintah harus tetep menjaga Prokes 5M agar bisa mencegah penularan dari berbagai hal.

Sebagai driver Transportasi Online (motor) sebenarnya saya sudah beberapa kali mendapatkan undangan untuk bisa melaksanakan Vaksinasi yang sudah ditentukan oleh Kantor Grab Indonesia (Cirebon). Tapi, undangan itu untuk lokasi pelaksanaan Vaksinasinya dinilai cukup jauh dari domisili saya akhirnya memutuskan untuk tidak hadir atau dateng ke lokasi Vaksinasi yang sudah ditentukan.


Akhirnya, saya mendapatkan informasi dari Polsek Talun dalam rangka 'HUT BHAYANGKARA KE - 75' menggadakan Vaksinasi Covid-19 pada Sabtu, 26 Juni 2021 yang dilaksanakan melalui Puskesmas Talun, Kabupaten Cirebon.



Kenapa saya mau di Talun? Karena ini merupakan domisili saya tinggal sehingga sangat mudah dijangkau jarak tempuhnya.


Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Talun diadakan di halaman terbuka yang selama ini selalu digunakan untuk lahan parkir kendaraan. Sebelum melaksanakan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Talun kita terlebih dahulu memastikan kondisi tubuh kita sehat dan tidak mengalami ngangguan apapun baik stres dan lainnya.


Alur proses Vaksinasi Covid-19 ini melalui beberapa tahap yang harus dilakukan masyarakat mulai dari mengisi Kartu Kendali Pelayanan Vaksinasi Covid-19 yang berisi tentang data diri dan riwayat kesehatan.


Tahap kedua, masyarakat akan dilakukan pengecekkan kesehatan oleh petugas Puskesmas Talun, yang meliputi pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Alhamdulilah tahapan kedua ini saya berjalan lancar dan aman sehingga saya bisa mengikuti tahapan berikutnya. Saat saya mengikuti Vaksinasi Covid-19 ini melihat masyarakat sudah sangat antusias mengikuti pemerintah untuk bisa segera Vaksinasi melalui tempat-tempat Vaksinasi yang sudah disediakan terutama Puskesmas terdekat.


Tahap ketiga, masyarakat akan melaksanakan skrining yaitu berupa tanya jawab antara dokter dan peserta vaksinasi tentang riwayat kesehatan. Tahapan ini peserta diharapkan jujur dan terbuka terkait penyakit penyerta (comorbid) atau tidak. Disini juga peserta bisa menanyakan terkait efek samping dari Vaksinasi Covid-19 yang dilakukannya bahkan masyarakat diberikan kontak untuk bisa dihubungin ketika mengalami berbagai efek samping seusai melaksanakan Vaksinasi Covid-19.


Alur Vaksinasi Covid-19 akhirnya sampai pada titik yaitu penyuntikan Vaksin. Ya, penyuntikkan ini yang saya takutkan awalnya saya takut sekali ketemu yang namanya Jarum suntik karena dipikiran saya akan sakit dan besar.


Ternyata ketika jarum itu mendarat ke tubuh saya tidak sakit hanya merasakan kaya digigit nyamuk dan proses pun dinilai sangat cepat sehingga ga butuh waktu lama prosesnya.


Setelah itu saya langsung pulang tanpa diberikan obat-obatan apapun sehingga saya juga bisa melanjutkan aktivitas saya selama itu berlangsung tidak ada efek samping yang dinilai berbahaya hanya saja yang saya rasakan itu cuma linu dan sedikit pegal aja selebihnya normal seperti biasanya. Oh ya, kalian juga bisa langsung istirahat untuk meredakan linu dan pegal yang dirasakan sesudah Vaksinasi berlangsung.



Pastinya, kalian setelah melakukan Vaksinasi merasakan bosen atau bahkan bete karena harus #DiRumahAja untuk menemani kalian saat melakukan istirahat sehingga diharapkan efeknya bisa hilang dengan cara istirahat yang cukup. Nah, cocok banget ini saya ada informasi untuk kalian yang akan istirahat dirumah sembari menikmati hiburan bisa kalian gunakan layanan Smartfren yaitu GOKIL MAX memiliki kelebihan dan keuntungan apalagi ini menyediakan kuota nasional dan kuota lokal sehingga kalian bisa lebih nyaman dan aman menggunakan internet bisa langsung beli melalui Galerry Smartfren maupun Outlet Smartfren terdekat.


Tidak hanya itu, selain bisa menikmati GOKIL MAX dari Smartfren kalian juga masih bisa loh ikutan program dari Smartfren yaitu Rejeki WOW Periode 2 melalui Aplikasi Mysmartfren bisa kalian coba secara langsung untuk bisa mendapatkan berbagai hadiah dari Rejeki WOW cukup download Aplikasi Mysmartfren dan memperbanyak transaksi Smartfren baik pulsa, kuota dan lainnya.




Oh ya kalian juga bisa ikutan 'Download Mysmartfren Challenge' yang diadakan oleh Smartfren Community siapa tau kalian bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik dari Smartfren. Pastikan sudah menggunakan layanan dari Smartfren dan bisa langsung melihat informasi melalui Akun Instagram @smartfrencommunity ya.

2 komentar:

  1. Wah... Keren tulisannya. Semangat terus buat nulis, ya! 🥳

    BalasHapus
  2. Wah mantap, makasih banyak buat informasinya kak🙏

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.