Mampukah Kedai Kopi di Cirebon, bertahan lama?

Ridwanmenulis.com - Usaha kedai kopi (coffeeshop) banyak yang diminati sehingga sangat mudah untuk ditemui diberbagai sudut di Cirebon dengan harga yang sangat terjangkau dan tempat yang begitu sangat nyaman untuk menikmati suasana Cirebon sembari menikmati segelas kopi yang tersedia.

Di Cirebon banyak kedai kopi yang bermunculan karena generasi muda sekarang lebih suka duduk ditempat yang sangat menarik dan konsep yang berbeda mulai dari desain, interior, harga, nama cafe maupun hal lainnya dinilai menentukan pengunjung yang akan dateng untuk menikmati sajian yang disediakan oleh pelaku usaha. 

Kedai kopi sangat mudah ditemukan karena saat ini banyak sekali yang mencoba mencari peruntungan dengan membuka kedai kopi. Mulai dari hotel, stasiun, perusahaan media, mall, karaoke maupun cafe mewah turut menyajikan varian jenis kopi yang mereka jual kepada masyarakat maupun generasi muda.

Bahkan tidak hanya menjual berbagai varian jenis kopi saja, tetapi didukung tempat dengan desain yang sangat menarik dan dilengkapi live musik agar pengunjung bisa nyaman saat menikmati kopi yang disedikan ditempat tersebut. 

Jangan heran sekarang kedai kopi memiliki prospek yang sangat baik kedepannya, tapi itu tergantung bagaimana para pembisnis kopi mendesain maupun mengkonsep kedai kopi agar lebih menarik dan unik sehingga mampu bersaing ketat dalam bisnis ini.

Dinilai sangat baik dan diharapkan mampu mendorong kemajuan kopi lokal dan kemajuan para petani kopi sehingga diharapkan memberikan dampak yang sangat baik dalam membangun bisnis kedai kopi tersebut.

Tidak hanya itu, keadiran kedai kopi bagi mahasiswa/i, komunitas, aktivis, penulis, budayawan, wisatawan, dosen, guru, tokoh agama maupun lainnya sebagai tempat kedua bagi mereka dalam menyalurkan kemampuan maupun gagasan dengan menikmati segelas kopi diharapkan ada pemikiran yang berbeda dengan suasana yang beda.

Tapi, perkembangan kedai kopi yang begitu sangat banyak di Cirebon. Ternyata tidak didukung dengan banyaknya Barista yang membuat kopi sehingga ini menjadikan hal kekhawatiran para pengusaha kopi yang ada di Cirebon hingga saat ini. Keahdiran barista dinilai sangat mendukung kemajuan kedai kopi selain tempat maupun fasilitas yang disediakan para pengusaha kedai kopi.

Barista sangat perlu dan dinilai keahdirannya sangat mendukung kemajuan kedai kopi yang sedang dibangun oleh para pelaku usaha hanya saja hal tersebut sangat sulit di Cirebon. Mencari barista yang sesuai dan mampu dalam merajik kopi itu yang sangat dinantikan oleh para pelaku usaha kedai kopi yang ada di Cirebon. Kemajuan kedai kopi tentu saja tidak luput dari peran para barista yang mampu dalam membuat varian jenis kopi yang enak dan sesuai dengan lidah masyarakat yang ada di Cirebon.

Hingga saat ini, kedai kopi (coffeeshop) di Cirebon sudah mencapai 300+ dengan menjual berbagai varian jenis kopi mulai dari lokal hingga mancanegara.disajikan dikedai kopi tersebut. Sehingga masyarakat maupun generasi muda bisa menikmati berbagai varian kopi yang tersedia di kedai kopi dengan harga yang sangat terjangkau dan fasilitas yang mendukung sehingga bikin nyaman saat menikmati segelas kopi. 

Lemahnya SDM dalam membantu membangun usaha kopi menjadikan kekhawatiran para pelaku usaha kedai kopi yang ada di Cirebon, adakah peran nyata yang akan dilakukan pemerintah setempat karena dengan adanya kedai kopi dapat mampu mengurangi jumlah angka pengganguran yang ada di Kota/Kabupaten Cirebon.

Jangan sampai para pelaku usaha memutuskan untuk menutup kedai kopi karena sulitnya dalam mencari barista / pembuat kopi yang ada di Cirebon sehingga nanti angka pengangguran akan mengalami peningkatan yang sangat drastis karena tutupnya kedai kopi memberikan dampak yang sangat besar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.