Pengertian Membership Group

Ridwan Menulis - Pengertian Membership Group - Membership Group adalah semua kelompok sosial yang melibatkan anda sebagai anggotanya. Apabila anda menjadi anggota kelompok ilmiah remaja (KIR) di sekolah, maka KIR dan sekolah anda merupakan Membership Group bagi anda.

Akan tetapi, apabila teman anda bukan termasuk anggota KIR tersebut, maka KIR bukan merupakan Membership Group, sedangkan sekolah merupakan Membership Group bagi teman anda. Dari contoh ini, dapat disimpulkan bahwa membership group bagi seseorang belum tentu merupakan membership group bagi orang lain.

Sebuah kelompok sosial menjadi membership group bagi anda bila secara fisik anda menjadi anggotanya.

Keanggotaan secara fisik berarti secara resmi masih menjadi anggota. Ada kalanya seseorang secara resmi merupakan anggota suatu kelompok ( masih terdaftar ), namun sudah tidak aktif lagi dalam kelompok tersebut.

Perilakunya pun mengacu kepada kelompok lain. Sebaliknya, ada orang secara resmi bukan anggota suatu kelompok ( tidak terdaftar ), namun sudah menganggap dirinya menjadi bagian dari kelompok tersebut.

Tingkah laku dan lagak gayanya juga seperti seorang mahasiswa, padahal kaka kelas anda tersebut masih merupakan bagian dari siswa di sekolah anda, sehingga kelompok sosial di sekolah anda merupakan membership group baginya.

Tidak ada komentar