Alasan Saya Tidak Merokok

Ridwan Menulis - Alasan Saya Tidak Merokok - Sebelum kita bahas judul yang diatas sebelumnya saya mau menjelaskan pengertian rokok. Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Menurut saya rokok itu dapat membahayakan bagi penggunanya dan dapatkan menimbulkan berbagai penyakit peringatan sudah dijelaskan dibungkusnya rokoknya sendiri bahwa rokok dapat " menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin". Saya sendiri tidak suka merokok karena saya ingin hidup sehat sepanjang hari walaupun teman-teman maupun yang lain banyak yang ngerokok tapi saya tidak tergoda dengan hal itu.

Rokok dapat menimbulkan berbagai penyakit diantaranya :

1.
Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas.

2. 
Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan, termasuk infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.

3. 
bahaya merokok
Merokok meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru kronis hingga sepuluh kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru kronis disebabkan oleh merokok.

Sebagai generasi muda bangsa yang dituntut lebih aktif dan berperan dalam negara, baiknya kita bisa memahami dan ikut mengkampanyekan 'no smoking' bukan hanya dihari kampanye 31 Mei, akan tetapi setiap hari dan setiap saat.

Mirisnya, saat ini Rokok sudah dikonsumsi oleh anak-anak dibawah umur dan sudah menjadi sebuah 'keharusan' dalam artian mereka sudah candu terhadap rokok tersebut. Mereka seakan terbebaskan oleh sebatang rokok yang mereka isap.

Jika saja anda adalah salah satu orang yang merokok aktif, cobalah untuk berhenti merokok dengan melakukan cara sebagai berikut. Hal penting yang harus dilakukan dalam berhenti merokok adalah NIAT yang sungguh-sungguh.

Tidak ada komentar