Sumpah Pemuda 2013: Pemuda Indonesia Harus Bisa ‘Kreatif’

Ridwan Menulis - Sumpah Pemuda 2013 : Pemuda Indonesia Harus Bisa ‘Kreatif’ - Bulan Oktober yang bersejarah untuk para pemuda pada saat itu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928. Tanggal tersebut menjadi hari yang bersejarah bagi bangsa kita tercinta selain hari Kemerdekaan yaitu Hari Sumpah Pemuda.

Kini bangsa kita telah 68 tahun merdeka dan para pemuda sudah tidak perlu lagi mengangkat senjata untuk melawan penjajah seperti dahulu. Mereka hanya perlu menuntut ilmu dan mengembangkan potensi diri untuk bangsa Indonesia. Menuntut ilmu agar pendidikan pemuda kita sekarang tidak tertinggal oleh pemuda yang tinggal di negeri maju lainnya. Agar kita dapat bersaing secara akademik untuk mejadikan negeri kita kelak yang masih berkembang menjadi negeri maju. Pengembangan  potensi diri pemuda pun sangat dibutuhkan agar kita dapat mengeksplor soft skill kita untuk ditunjukkan kepada negeri lain bahwa kita mampu mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Namun kini jarang sekali kita temukan pemuda yang masih menghargai arti perjuangan Sumpah Pemuda tersebut. Mereka seakan-akan menyepelekan dan menganggap semua mudah dilakukan karena terbuai oleh kecanggihan teknologi. Seharusnya mereka sadar bahwa apa yang mereka nikmati sekarang merupakan hasil perjuangan dan pengorbanan pemuda dulu.
Selain karena kecanggihan teknologi, banyak pemuda yang menjadi pengangguran itu berarti kurangnya pengembangan potensi diri dari pemuda jaman sekarang. Sangat disayangkan sekali ketika tidak adanya lagi kegigihan yang selalu ditanamkan oleh pemuda terdahulu.

Dapat kita simpulkan bahwa arti Sumpah Pemuda kini telah pudar. Sumpah Pemuda hanya diartikan sebagai kisah bersejarah yang ada ketika jamannya. Seharusnya kita sebagai pemuda perubahan dapat mengaplikasikan isi dari Sumpah Pemuda tersebut yang telah didukung oleh segala hal yang dapat memperkuat kita untuk membela bangsa ini.
Mari kita sebagai pemuda perubahan bangsa menjadikan diri kita sebagai pemuda yang gigih dan tangguh untuk membela bangsa Indonesia dan menjadikan bangsa kita lebih maju. Merdeka!

Tidak ada komentar