Pengertian Mengenai WIFI

Wifi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel ( Wireless Local Area Networks-WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Awalnya WIFI ditunjukkan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan seseorang dengan computer dengan kartu nirkabel (Wireless Card ) atau personal digital assistant untuk terhubung internet dengan menggunakan titik akses ( atau dikenal dengan hotspot ) Terdekat.

Wifi adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Tidak hanya dapat digunakan untuk akses internet, WIFI juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan.

Secara teknis operasional, WIFI merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan pada perangkat WLANs ( Wireless Local Area Network ). Dengan kata lain, WIFI adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi ( internet ) yang bekerja di jaringan WLANs dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.

Tidak ada komentar