Kenapa Ujian Nasional 2016 Digelar Februari?

Ridwanmenulis.com - Kenapa Ujian Nasional 2016 Digelar Februari ? - Ujian Nasional (UN) Jenjang SMA / Sederajat sebelumnya biasa digelar bulan April. Tapi, tahun 2016 mengalami perubahaan jadwal pelaksanaan UN 2016 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal dilaksanakan lebih maju penyelenggaraan UN menjadi Februari.

Rencana tersebut diungkapkan langsung oleh Mendikbud Anies Baswedan. Mengenai dimajukannya penyelenggaraan Unas ini, berarti ujian tahunan itu akan digelar di awal semester genap tersebut. Setau ini UN selama ini selalu dilaksanakan pada bulan April atau di akhir semester genap.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam di Jakarta kemarin (27/5) mengatakan, memang benar ada perubahaan jadwal penyelenggaraan UN. Yakni UN yang biasanya digelar semester genap, digeser menjadi di awal semester genap.

Menambahkan, tidak ada pemampatan materi pelajaran di semester ganjil.'' Materi pelajaran tetap berlangsung seperti biasanya,''katanya.

Dengan demikian materi yang diujikan dalam UN hanya sampai materi kelas XII semester ganjil. Intinya materi ujian tidak boleh berisi materi yang belum pernah diajarkan.

Nah para siswa dengan beragam pilihan setelah lulus SMA itu perlu ada pendalaman wawasan."Waktu antara Februari sampai April itu bisa menjadi berharga,''katanya.

Misalnya bagi siswa SMA yang berniat melanjutkan kuliah, maka akan dibekali matrikulasi untuk membantu kelulusan ujian masuk PTN. Sedangkan bagi siswa yang iingin bekerja, diajari cara menulis lamaran kerja, membuat CV yang menarik, hingga teknik menghadapi wawancara kerja.

Selain itu pihak sekolah juga bisa berinisiatif untuk menghadirkan alumni mereka dengan beragam profesi untuk memberikan wawasan kepada siswa yang akan lulus. Dengan cara seperti ini, siswa tidak seolah-olah dibiarkan begitu saja mengarungi dunia nyata setelah tamat SMA nanti.

5 komentar:

  1. ALUN (Aplikasi Latihan Ujian Nasional)
    Sangat cocok untuk membantu kalian yang dalam persiapan menuju ujian nasional.
    Yuk kunjungi http://alun.primaindisoft.com/login

    BalasHapus
  2. Sedikit kaget mendengarnya.... knp slalu angkatan saya yang di jadiin percobaan hemm

    BalasHapus
  3. Sedikit kaget mendengarnya.... knp slalu angkatan saya yang di jadiin percobaan hemm

    BalasHapus
  4. Sama boss smp buat percobaan 20 paket sma berbasis komputer

    BalasHapus
  5. Maap Gan Infonya harus di update, karena tulisan diatas belum tepat. UN tetap April, yg feb itu UN 'remedial' untuk siswa tahun lalu..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.