Persebaran Hewan di Indonesia

Ridwan Menulis - Persebaran Hewan di Indonesia, Keanekaragaman dan perbedaan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh keadaan alam, gerakan hewan, dan rintangan alam. Persebaran hewan di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga kawasan berdasarkan keadaan Geografisnya, yaitu kawasan Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah, dan Indonesia bagian timur. Karakteristik dari tiap-tiap wilayah persebaran hewan tersebut diuraikan berikut ini.

1. Indonesia Bagian Barat
Persebaran hewan dikawasan Indonesia bagian barat meliputi Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Kalimantan, dan pulau-pulau kecil disekitarnya. hewan dikawasan ini juga sering disebut hewan Dangkalan Sunda. Kawasan Indonesia bagian barat dibaatasi garis Wallace disebelah timur. Hewan dikawasan ini bertipe Asiatis. Hewan tipe Asiatis banyak yang berupa hewan besar dan menyusui (mamalia). Beberapa contoh fauna Indonesia bagian barat adalah badak terdapat di Sumatra dan Jawa. Badak bercula satu, terdapat di Taman Nasional Ujung kulon. Di wilayah Indonesia bagian barat juga hidup gajah (Sumatra), tapir (Sumatra dan Kalimantan), banteng (Jawa dan Kalimantan), beruang madu (Kalimantan), harimau (Jawa, Madura, dan Bali), owa jawa, surili, elang jawa, lutung jawa (Endemik Jawa), serta orang utan (Sumatra dan Kalimantan).

2. Indonesia Bagian Tengah
Persebaran hewan di kawasan Indonesia bagian tengah meliputi Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Kepulauan Maluku. Hewan dikawasan ini memiliki ciri Asiatis dan Australis, sehingga jenis hewannya bertipe peralihan. Persebaran hewan di Indonesia bagian tengah dibatasi garis Wallace di sebelah barat dan garis weber di sebeelah timur. Di daerah ini banyak terdapat hewan-hewan yang bersifat endemik (daerah persebarannya sempit, hanya terdapat di Indonesia ). Seperti burung maleo, anoa, babi, rusa, monyet hitam, kuskus, burung rangkong (Sulawesi), serta biawak dan komodo (Pulau komodo di Nusa Tenggara Timur).

3. Indonesia Bagian Timur
Persebaran hewan di kawasan Indonesia bagian timur meliputi Papua dan pulau-pulau di sekitarnya yang dibatasi garis Weber di sebelah baratnya. Hewan yang ada di kawasan ini mirip hewan di Australia. Hewan di Indonesia bagian timur bertipe Australis. Banyak ditemui burung khas Indonesia bagian timur yang warna bulunya sangat menarik di wilayah ini. Contohnya burung kasuari (Papua, Kepulauan Aru, dan Pulau Seram), cendrawasih (Papuan dan Kepualuan Aru), kakatua berjambul merah dan putih. Selain itu, di Indonesia bagian timur juga terdapat mamalia berkantong, dan musang berkantong (Papua).

Tidak ada komentar